by : bendri jaisyurrahman (twitter : @ajobendri)
1| Salah satu tugas pengasuhan adalah membuat ikatan emosi
yang kuat antara ortu dan anak yang dikenal dengan istilah emotional
bonding
2| Ikatan emosi atau batin ini berpengaruh bagi anak dalam menjalani masa-masa sulit semasa hidup sekalipun tak ada ortu di sisi
3| Tak selamanya ortu mendampingi hidup anak. Ia harus
tumbuh mandiri dengan potensinya. Emotional bonding yang kuat terhadap
ortu sebagai pengarah
4| Setidaknya ada beberapa masa kehidupan dalam diri anak
dimana ia alami krisis : pra sekolah, pra puber, pubertas, pra nikah dan
nikah
5| Di masa-masa tersebutlah ia butuh bimbingan dan arahan.
Maka meski tak ada ortu di sisi, nasehat-nasehat dan teladan ortu tetap
dijaga selama masih ada ikatan batin
6| Hal ini lah yang dialami oleh Nabi Yusuf muda saat
terpesona dengan kecantikan zulaikha dan diajak berbuat mesum. Ia punya
hasrat
7| Hasratnya hampir saja menjerumuskannya seandainya Allah
tak berikan 'pertanda'. Seperti yang terdapat dalam surat Yusuf : 24.
Sila dibaca
8| 'Pertanda' yg dimaksud adalah nasehat ayahnya yang
tiba-tiba muncul saat ia hampir saja terpedaya oleh nafsunya. Ini kata
ibnu katsir
9| Bayangkan! Nabi yusuf yang terpisah jauh oleh ayahnya,
terjaga diri dari bujukan setan. Tak jadi berbuat zina. Tersebab ikatan
batin dengan ayahnya
10| Itu pula yang diharapkan dari anak kita. Jauh terpisah
namun menjaga kehormatan keluarga karena nasehat indah ortu yang
tertanam dalam jiwa
11| Saat krisis jiwa melanda, tak kemana-mana cari solusi.
Yakin ada ortu yang siap membantu cari jalan keluar. Percaya sepenuhnya
12| Seorang wanita yang sedang konflik dengan suaminya,
akan curhat ke ayahnya. Bukan ke lelaki lain. Rumah tangga
terselamatkan. Sebab ada father bonding
13| Anak yg tak punya emotional bonding maka tak percaya dengan ortunya. Lebih dengar kata temannya sekalipun buruk
14| Bagaimana menciptakan emotional bonding dengan anak?
Usia dini jangan diabaikan. Bermula dari bayi dalam kandungan. Ayah
bunda terlibat bersama
15| Saat bayi dalam kandungan, jadikan suara ayah-bunda nya yg lebih banyak didengar. Ajak ia bicara sambil mengusap perut bunda
16| Saat anak lahir, sambutlah anak dalam pelukan yang
hangat. Hadapkan wajah kita ke hadapannya. agar perlahan di scan dalam
memorinya
17| Usia 0-2 tahun adalah fase pengikatan. Disinilah fase
dimana ayah-bunda harus jadi aktor utama dalam pengasuhan. Bukan yg lain
18| Di fase inilah Allah perintahkan ibu untuk memberinya
ASI. Yang bukan sekedar susunya, namun juga belaian yang dibutuhkan anak
19| Betapa banyak ibu yang lebih sering menitipkan ASI nya
pada botol. Tak memberinya langsung dari puting. Sehingga anak sehat
namun jiwanya kosong
20| Fase ini juga seorang ayah harus banyak terlibat
mengasuh. Luangkan waktu tuk ganti pampers, gendong anak sambil cerita,
bacakan quran, dll
21| Dalam usia 0-2 tahun jangan terburu-buru kenalkan anak
pada media meskipun isinya bagus. Sebab emosi belum terikat sepenuhnya
22| Jika ingin ajarkan anak tentang quran, jangan dari
kaset. Akan lebih elok jika ortunya yang menyuarakan sekaligus belum
fasih. Agar tercipta ikatan batin
23| Sekalipun ada pengasuh lain, peran mereka hanya
membantu. Bukan tokoh sentral. Agar ikatan yang terjalin bukan kepada
mereka namun kepada ortunya
24| Keluarkan segala energi: suara, bahasa tubuh, dan
ekspresi muka agar terekam kuat dalam memori anak. Inilah yang menjadi
dasar munculnya ikatan hati
25| Bagaimana jika anak sudah melewati usia 2 th sementara kita terlambat melakukan upaya emotional bonding ?
26| Jika anak sudah melewati usia 2 tahun, bisakah kita
ciptakan emotional bonding dengannya? Masih sangat bisa. Asal kita bisa
membaca golden moment
27| Golden moment ini adalah situasi dimana anak benar-benar butuh hadirnya kita. Bisa tanpa sengaja atau juga kita rekayasa
28| Golden moment yang dimaksud minimal ada dua : yakni
saat anak sedih dan saat anak unjuk prestasi. Hadirlah dengan
sungguh-sungguh di dua waktu ini
29| Saat anak sedih, ia butuh sandaran jiwa. Butuh ada yang memeluk dan dengarkan curhatnya. Hadirlah segera. Jangan sampai orang lain yang ambil alih
29| Saat anak sedih, ia butuh sandaran jiwa. Butuh ada yang memeluk dan dengarkan curhatnya. Hadirlah segera. Jangan sampai orang lain yang ambil alih
30| Tak pekanya ortu saat anak sedih malah buat ikatan hati makin rapuh. Kepercayaan menurun. Anak lari kepada sosok lain
31| Dan hadirlah saat anak unjuk prestasi : baca puisi di
skolah, ambil raport, menari, dan sejenisnya. Ini adalah persembahan
untuk ortu dari anak
32| Saat unjuk prestasi, yang anak butuhkan adalah tepuk
tangan dan apresiasi ortunya. Jika ortu tak hadir, rusaklah kepercayaan
anak
33| Kehadiran ortu dalam kegiatan mereka adalah pengakuan
eksistensi anak. Ortu yang cerdas, akan paksakan diri tuk hadir. Demi
tercipta emotional bonding
34| Semoga kita bisa menjadi ortu yg mampu jalin emotional
bonding dengan anak kita. Agar anak terdampingi selamanya meski kita
tiada. Salam cinta (bendri jaisyurrahman)
hoka rahayu
085645552888
hoka rahayu
085645552888
0 comments:
Post a Comment